MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN MAHLUK KECIL (COVID-19) YANG DAPAT MENGGUNCANG DUNIA.

Kau mungkin pernah dengar tentang koronavirus atau Covid-19, virus ini adalah virus yang akhir-akhir ini mengguncang di seluruh dunia. Sebenarnya apa sih virus korona itu?? Mari kita bahas bersama.

  1. Apa sih Covid-19 itu??

Menurut Wikipedia Koronavirus adalah suatu virus yang adalah sekumpulan virus dalam keluarga Coronaviridae (yaitu virus yang berbentuk kelopak dan tajam) dan ordo Nidovirales (yang menjadikan manusia sebagai inangnya). Kelompok virus ini yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia).

 Lalu kenapa namanya virus korona atau COVID-19 (Corona Virus Disease 2019)? Nah, ini karena pengambilan namanya dalam bahasa latin corona dan bahasa Yunani κορώνη (korṓnē, “lingkaran, untaian”), yang berarti mahkota atau lingkaran cahaya. Maksudnya apa? Nama itu di ambil karena melihat bentuk dan karakteristik dari virus itu sendiri yang mirip seperti mahkota. Adapun penambahan nomor di belakannya yaitu 19 adalan kode munculnya yaitu pada tanggal 17 November 2019.

Koronavirus ditemukan pada 1960-an. Virus yang paling awal ditemukan adalah virus bronkitis infeksius pada ayam dan dua virus dari rongga hidung manusia dengan flu biasa yang kemudian diberi nama human coronavirus 229E dan human coronavirus OC43.  Sejak saat itu, anggota koronavirus yang lain mulai diidentifikasi, termasuk SARS-CoV pada 2003, HCoV NL63 pada 2004, HKU1 pada 2005, MERS-CoV (sebelumnya dikenal sebagai 2012-nCoV) pada 2012, dan SARS-CoV-2 (sebelumnya dikenal sebagai 2019-nCoV) pada 2019; sebagian besar dari virus-virus ini terkait dengan infeksi saluran pernapasan yang serius.

  • Apa sih Penyebabnya???

Penyebab nya yaitu karena terpapar virus yaitu SARS-Cov-2 (Severe acute respiratory syndrome- coronavirus type 2) atau lebih mudah kita sebut dengan  “sindrom pernafasan akut berat”. Virus ini masuk lewat saluran pernafasan. Dan menyerang pada system imun (kekebalan tubuh). 

  • Gejala apa yang dapat terlihat dari orang yang menderita virus tersebut?

Gejala awal nya menurut alo dokter, yaitu demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Namun bisa lebih parah apabila seorang itu memiliki penyakit tertentu yang berkaitan dengan pernafasan, seperti: pneumonia, dan sejenisnya.

  • Pencegahan apa yang harus kita lakukan??

Tindakan pencegahan untuk mengurangi kemungkinan infeksi antara lain tetap berada di rumah, menghindari bepergian dan beraktivitas di tempat umum, sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama minimum 20 detik, tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak dicuci, dan merekomendasikan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin dan menggunakan bagian dalam siku jika tidak tersedia tisu.

Adapun yang terpenting, karena ini adalah virus yang notabene adalah yang menyerang pada system imun (kekebalan tubuh), maka harus terus menjaga kesehatan jasmani dengan olah raga teratur. Juga menjaga kesehatan psikologisnya dengan tidak terlalu khawatir atau merasa takut akan sesuatu.

  • Kesimpulan

Kesimpulan nya, saya mengutip kalimat dari ibnu sina sang pakar kedokteran islami  yang berbunyi:

“ kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat dan kesabaran adalah langkah awal kesembuhan”.

Dari kutipan kalimat di atas. Mari, kita tetap tenang dalam segala situasi, dan sabar apa bila tertimpa musibah (seperti penyakit dan semacamnya), jangan sampai kepanikan melanda dirimu. Salam sehat, salam sejahtera. (Hilman)