Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Cirebon Menggembleng Santrinya untuk Siap Memimpin di masa Depan.

Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Cirebon menggembleng santrinya untuk siap memimpin di masa depan. Salah satunya dengan mengadakan Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen (PKM) yang diikuti oleh calon pengurus organtri ISMU (Ikatan Santri Manba’ul ‘Ulum).

Peserta pelatihan terdiri dari kelas XI Aliyah yang diikuti oleh 32 peserta. Pelatihan diadakan di sekitar pondok. Diadakannya kegiatan PKM ini sebagai bekal untuk membimbing adik-adik kelas selama setahun ke depan dan tentunya menjadi bekal para santri untuk berorganisi.

Kegiatan tersebut diadakan selama seminggu pada tanggal 15-21 Juli 2020. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh pimpinan pondok KH. Mahfudz Hudlori, M.H.I. Beliau berpesan “Kalian dididik di pondok ini agar menjadi nomor satu, karena orang islam sangat banyak jumlahnya tetapi selalu kalah. Penyebabnya adalah pemimpinnya tidak dipersiapkan dengan baik “. Pelatihan kali ini bertemakan “Siap Dipimpin dan Siap Memimpin”. Kegiatan tersebut dipantau langsung oleh penanggung jawab kegiatan PKM yaitu Ust. Irfan Hillmi Labib.

Kegiatan diakhiri dengan wide game di perbukitan sekitar pondok, hal tersebut untuk melatih kekuatan fisik para peserta serta menguji kekompakan dan solidaritas antar sesama peserta PKM. Kegiatan PKM akan dilanjutkan tahun depan bersama calon pengurus orgntri yang baru. Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan PKM melahirkan pemimpin cerdas, inovatif, dan kolaboratif yang siap memimpin Indonesia di masa yang akan datang.