Workshop Pengabdian Tahun Ajaran 2021-2022 Berjalan Lancar

Setelah menempuh masa belajar di pondok selama 3 tahun bagi lulusan intensif dan 6 tahun lulusan terpadu saatnya para wisudawan menempuh masa pengabdian selama satu tahun. Sebelum mengabdi para peserta dibekali dengan ilmu yang akan berguna dalam masa pengabdian kedepan. Acara yang diadakan selama tiga hari yakni 29-31 Mei bertempat di lingkungan pondok pesantren.

Menurut Biro Alumni PPMU Ust. H. Faruq Asror, S.Sos.I mengenai tujuan diadakanya workshop Pengabdian beliau mengatakan “Salah satu Program nihai, yaitu memberikan pembekalan terakhir untuk terjun sebagai guru tugas selama satu tahun di tengah masyarakat”. Karena para alumni yang baru diwisuda akan menjadi guru pengabdian ditempat yang sudah ditentukan oleh pondok.

Dalam pembukaan workshop pengabdian, mudir tarbiyah PP. Manba’ul ‘Ulum KH. Jufriyadi Rifai, S.Sos.I berpesan agar semua peserta pengabdian menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain di tempat pengabdianya masing-masing. Salah satu peserta workshop mengatakan “kegiatan ini sangat bermanfaat, karena kami dibekali ilmu-ilmu untuk bermasyarakat di tempat pengabdian kami”. Kegiatan ditutup oleh pimpinan PP. Manba’ul ‘Ulum KH. Mahfudz Hudlori, M.H.I. Beliau berpesan agar tidak meninggalkan shalat berjamaah di masjid karena shalat berjamaah akan memudahkan segala atifitas kita “Di manapun dan kapanpun, jangan pernah tinggalkan shalat berjama’ah” ujarnya. Mudah-mudahan para peserta workshop pengabdian mampu menghadapi masa pengabdian dengan sukses. (Labib)