Penutupan Program Pengabdian tahun 2021-2022, Abi Mahfudz:”Apapun Profesinya Nanti Teruslah Belajar dan Mengajar”

Para alumni yang sudah menyelesaikan program pengabdianya diminta oleh Pimpinan Pondok Pensatren Manbau Ulum Cirebon KH. Mahfudz Hudlori, M.H.I untuk tidak berhenti dalam belajar dan mengajar. Apapun profesinya teruslah sempatkan untuk mengajar atau kalau tidak sempat teruslah belajar dan menuntut ilmu. Hal tersebut disampaikan dalam penutupan program pengabdian Tahun Ajaran 2021-2022. (12/22)
Para peserta kegiatan terdiri dari alumni yang telah menyelesaikan masa pengabdianya selama setahun kemarin atau tahun ajaran 2021-2022M/1442-1443H. Kegiatan yang berlangsung selama sehari bertujuan untuk memberikan bekal kepada peserta penutupan program pengabdian sebelum benar-benar dilepas di tengah-tengah masyarakat setelah program pengabdianya. Dimulai pukul 10.00 materi pertama disampaikan KH. Jufriyadi Rifai, S.Sos.I. beliau menyampaikan pentingnya memahami watak masing-masing orang sebelum terjun ke masyarakat. Selain itu beliau mengajak para alumni untuk selalu bersyukur atas nikmat pengetahuan, akal pikiran, dan kesehatan. Terakhir beliau menitipkan agar amalkan apa yang sudah dipelajari selama di pondok.

Tidak ketinggalan KH. Jazuli Alwi menyampaikan kiat-kiat mencapai kesuksesan. Kunci yang pertama, adalah orang tua karenanya perlakukan dengan baik orang tua kita. Kedua, banyak membaca karena membaca membuka pikiran kita. Ketiga, sungguh-sungguh dalam berusaha jangan mudah menyerah. Keempat, konsisten jangan setengah-setengah dalam melakukan sesuatu terus lakukan hingga membuahkan hasil yang diinginkan. Kelima, memperbanyak doa dan bershodaqoh. Keenam, carilah keberkahan dari setiap hal.
Kegiatan diakhiri dengan tausiyah sekaligus penutupan dari Pimpinan Pondok Pensatren Manbau Ulum Cirebon KH. Mahfudz Hudlori, M.H.I. beliau mengamanatkan untuk tidak melukai hati orang tua sesukses apapun kita kalau hati orang tua terluka oleh kita maka tidak aka mendaptkan keberkahan. Janga sampai kita melupakan jasa orang tua dan guru. Karenanya jangan sampai putus silaturahmi dengan guru-gru kita. Terakhir beliau menitipkan kepada para peserta kegiatan untuk tidak berhenti belajar dan mengajar “Tidak ada kebaikan kecuali ada pada dua orang yaitu oran g yang belajar dan mengajarkan ilmu” tegas beliau.
Acara diakhiri dengan pembagian sertifikat pengabdian oleh biro alumni PP. Manbaul Ulum Ust. Faisal Ardawi. Semoga dengan ditutupnya kegiatan pengabdian tidak menjadikan para alumni berhenti memberikan manfaatnya untuk orang lain. Tetapi semakin semangat untuk menjadi dirinya menjadi peribadi yang bermanfaat untuk orang lain. (Labib)

Leave a Reply

Your email address will not be published.